Flappy Bird Is No Longer Available On Apple App Store & Google Play Store

Seperti janji sebelumnya di akun Twitternya, Dong Nguyen pengembang mobile game “Flappy Bird” akhirnya menarik halaman download game tersebut di App Store dan Google Play Store. Saat ini pengguna iOS dan Android tidak bisa lagi mendonlod game tersebut tetapi bagi yang sudah memiliki sebelumnya masih bisa memainkan game Flappy Bird tersebut.

Penarikan kontroversial tersebut masih menyisakan banyak pertanyaan meskipun Dong Nguyen sebelumnya mengatakan tidak ada permasalahan secara legal terhadap game tersebut. Dibalik kesuksesan “Flappy Bird” tersebut, selain menghasilkan $50.000 dalam sehari dari iklan dan jumlah download yang mencapai lebih dari 50 juta kali, “Flappy Bird” banyak mendapatkan kritikan dan tuduhan penjiplakan dan kecurangan yang mendongkrak aplikasi bikinan Dong Nguyen tersebut melonjak secara drastis. Tercatat ada 3 aplikasi game buatan Dong Nguyen (.GEARS Studio) yang menduduki peringkat atas di Top Free Apps baik di App Store maupun di Play Store, 2 game lain adalah Super Ball Juggling dan Shuriken Block.

Tanpa dukungan promosi yang khusus, “Flappy Bird” makin populer karena promosi gratis beberapa media serta tak luput para pengguna yang ketagihah saat memainkan game ini. Banyak yang mendonlod karena penasaran dengan gambar-gambar parodi di Path, Facebook dan Twitter maupun video YouTube. Sebenarnya game Flappy Bird inipun sederhana cara memainkannya, sama dengan desain UI yang sederhana menggunakan 2D retro style graphics. Cara memainkan-nya punya hanya menerbangkan dengan cara “tap” layar gadget untuk melewati pipa-pipa tanpa menyentuh dan menabrakkannya, sederhana tapi sulit dan bikin penasaran dengan “High Score” yang akan kita dapatkan.

Dugaan penjiplakan antara lain kemiripan “pipa hijau” milik game ternama “Super Mario Bros” (Nintendo) dan kemiripan konsep permainan dan tampilan dengan game “Piou Piou” yang ada di tahun 2011. Silahkan perhatikan kemiripan seperti ini:

 

Kita tunggu aja apa yang akan terjadi nanti dengan kontoversi game “Flappy Bird” yang jelas saat ini pengguna smartphone yang sudah menggunduh masih tetap bisa memainkannya termasuk memanipulasi agar mendapatkan “High Score” setinggi-tingginya. Dan selain dari Dong Nguyen (.GEARS Studio) ada juga aplikasi game kloningan “Flappy Bird” yang bisa dimainkan melalui website di PC melalui link http://www.flappybird.com/play/ serta bisa juga lewat akun Facebook di link https://apps.facebook.com/trueflappybird/#_=_ dan di device Windows Phone http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/flappy-bird/9bf76692-f5ca-4a5f-a533-2ce0d9c0e6e1

Baca juga tulisan ini:
How To Win at Flappy Bird Games – http://pcholic.blogspot.com/2014/02/FlappyBird.html
Flappy Bird Game Over After Make $50.000 Revenue A Day – http://pcholic.blogspot.com/2014/02/FlappyBirdDown.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s