1 Desember: Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Tema Hari AIDS 2005 ini adalaf Stop the AIDS, Keep the Promise (Hentikan AIDS, Jaga Janjinya).
Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

KITA semua pernah dengar AIDS, kan? Kumpulan gejala penyakit yang disebabkan karena menurunnya/hilangnya sistem kekebalan tubuh kita.
AIDS disebabkan karena HIV, yaitu virus yang memang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Di dunia, AIDS sudah menyerang lebih dari 36 juta penduduk laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, bahkan bayi, semua warna kulit/ras, dan berbagai orientasi seksual.
Di Indonesia, diperkirakan sekitar 80.000-120.000 orang sudah terinfeksi HIV, walaupun hingga. akhir September 2005 jumlah kasus, HIV positif maupun AIDS yang sudah bermanifestasi hanya tercatat pada 2.313 orang.

Kalau selama ini kita masih menganggap bahwa AIDS hanya menyerang para pekerja seks aja, orang bule atau kulit hitam aja, atau homo seks aja, maka jelas kamu ketinggalan zaman.
Karena data menunjukkan bahwa ternyata siapa aja bisa terkena AIDS!
Nah, karena AIDS begitu mengkhawatirkan, maka kita perlu bersatu dan bekerja sama untuk meningkatkan kepedulian.

Mungkin udah banyak yang tahu ya, kalau tanggal 1 Desember adalah Hari AIDS Sedunia.
Jadi pada hari itu, seluruh dunia akan bersama-sama melakukan kegiatan baik berupa renungan, penggalangan dana, dan memperkuat komitmen.

Apa ltu Hari AIDS Sedunia?
Hari AIDS Sedunia adalah hal yang sangat penting dalam kaitannya dengan sejarah pandemi AIDS.
Sejak tahun 1988, tanggal I Desember ditetapkan sebagai hari untuk membawa dan menyebarkan pesan kasih sayang, harapan, solidaritas, saling pengertian dan pemahaman mengenai AIDS ke semua negara di dunia. Respons dan solidaritas ini diawali dengan diselenggarakannya pertemuan para menteri kesehatan dan program pencegahan AIDS seluruh dunia pada Januari 1988 untuk mengembangkan komunikasi, memperkuat jaringan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, serta mengembangkan sikap toleransi.

Sejak itu, Hari AIDS Sedunia menerima berbagai dukungan dari berbagai lembaga dunia, termasuk PBB, pemerintah, masyarakat, dan individu seluruh dunia. Nah, kemudian setiap tahun hari itu merupakan satu-satunya hari internasional untuk berkoordinasi melawan AIDS.

Apa itu Kampanye AIDS Sedunia?
Kampanye AIDS sedunia yang pertama diadakan tahun 1997, untuk menekankan bahwa AIDS bukan hanya perlu diprihatinkan sehari dalam setahun aja.
Makanya sekarang kampanye AIDS sedunia tiap tahun mulai jauh lebih awal, dan puncaknya adalah tanggal 1 Desember.

“Red Ribbon”
Red Ribbon, atau pita merah adalah simbol atau lambang kepedulian terhadap AIDS, yang disepakati secara internasional.
Dipakai oleh orang-orang seluruh dunia sepanjang tahun, khususnya sekitar Hari AIDS Sedunia untuk menunjukkan kepedulian dan perhatian kita terhadap AIDS dan HIV, serta buat mengingatkan yang lam betapa pentingnya dukungan serta komitmen mereka dalam upaya pencegahan AIDS di dunia.
Red Ribbon ini dulunya merupakan upaya awal terhadap peningkatan kepedulian, sekarang sih enggak ada bentuk red ribbon yang resmi dan baku, dan banyak orang bikin red ribbon sesuai dengan kreativitasnya sendiri.
Ada yang bikin dari potongan kertas, pita, dibuat dari plastik, dari logam untuk pin, misalnya, dan lain-lain.
Pokoknya menggambarkan pita berwarna merah.
Dengan memakai tanda Red Ribbon ini, maka kamu sudah menjadi bagian dari orang-orang di dunia yang peduli terhadap upaya penanggulangan AMS di dunia.

Nah, kita sudah waktunya kita semakin peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita, termasuk pandemi AIDS ini, yang kalau kepedulian kita semakin berkurang, berarti ancaman AIDS akan semakin besar, dan penyesalan tentu saja akan terjadi belakangan.

Untuk Hari AIDS Sedunia kali ini, mari kita tunjukkan kepedulian kita dengan melakukan hal-hal yang kita mampu, biar kecil yang penting dilakukan dengan penuh hati, niscaya akan memberikan manfaat yang berarti.
Support World AIDS Day

Advertisements

Berbagi Kata-Kata

Setiap pagi Sari menuliskan kata-kata yang menghibur, memberi semangat, motivasi, atau sekadar lelucon pada secarik kertas yang kemudian dimasukkan ke dalam kotak makan siang Dodi anak lelakinya.

Sepulang sekolah, bocah kelas 4 SD itu selalu mengembalikan kotaknya.
Setiap kali kotak plastik kembali, kertas tulisan itu pun masih untuh di dalamnya.
Terkadang Sari bertanya-tanya, dibaca nggak sih tulisan-tulisan itu?
Meski begitu, ia terus melakukan hal yang sama setiap pagi.

Suatu siang, seperti biasa, Dodi mengembalikan kotak.
Anehnya, kertas tulisan itu tidak ada.
Sari bertanya, “Sayang, kemana kertas tulisan Mama?”
Yang ditanya menjawab kalem, “Tadi aku kasih Rosa.”

Dodi melanjutkan ucapannya, “Ibu Rosa tidak memberi kertas kayak gitu. Aku pikir ia bisa menggunakan punyaku.”
“Oh, begitu?” jawab Sari.
“Rosa tadi cerita, Mbaknya (pengasuh Rosa, Red.) lagi sakit.
Ia sedih.” Tanpa ditanya lebih lanjut Dodi menjelaskan, “Kalau gitu besok Mama bikinin tulisan untuk dia, ya!
Kalau nggak, akan aku kasih catatan Mama hari Rabu lalu.
Isinya cukup bagus kok.”Sari terpana mendengar kalimat sang anak.

Keraguannya seketika lenyap.
Ternyata, Dodi tidak hanya bisa menghargai tulisan-tulisan pada kertas tersebut, tapi justru memperlakukannya sebagai barang berharga yang layak diberikan kepada orang lain.

Terkadang orang dewasa pun perlu berkaca dari dunia anak-anak.Sebagai bocah. Dodi sudah berusaha menjadi manusia komplet, ingin menjadi bagian dari hidup orang lain.Di kala temannya sedih ia merasa perlu membagi yang ia punya, meski sekadar kata-kata di atas kertas …

Mari Belajar Dari Seekor Beruang

Seekor beruang yang bertubuh besar sedang menunggu seharian dengan sabar di tepi sungai deras.
Waktu itu memang tidak sedang musim ikan.
Sejak pagi ia berdiri di sana mencoba meraih ikan yang meloncat keluar air.
Namun, tak satu juga ikan yang berhasil ia tangkap.
Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya… hup… ia dapat menangkap seekor ikan kecil.
Ikan yang tertangkap menjerit-jerit ketakutan.

Si ikan kecil itu meratap pada sang beruang, “Wahai beruang, tolong lepaskan aku.”
“Mengapa,” tanya sang beruang.
“Tidakkah kau lihat, aku ini terlalu kecil, bahkan bisa lolos lewat celah-celah gigimu,” rintih sang ikan.
“Lalu kenapa?” tanya beruang lagi.
“Begini saja, tolong kembalikan aku ke sungai.
Setelah beberapa bulan aku akan tumbuh menjadi ikan yang besar.
Di saat itu kau bisamenangkapku dan memakanku untuk memenuhi seleramu,” kata ikan.
“Wahai ikan, kau tahu mengapa aku bisa tumbuh begitu besar?” tanya beruang.
“Mengapa?” ikan balas bertanya sambil menggeleng-geleng kepalanya.
“Karena aku tak pernah menyerah walau sekecil apa pun keberuntungan yang telah tergenggam di tangan!” jawab beruang sambil tersenyum mantap.
“Ops!” teriak sang ikan, nyaris tersedak.

Dalam hidup, kita diberi banyak pilihan dan kesempatan.
Namun jika kita tidak mau membuka hati dan mata kita untuk melihat dan menerima kesempatan yang Tuhan berikan maka kesempatan itu akan hilang begitu saja.

Dan hal ini hanya akan menciptakan penyesalan yang tiada guna di kemudian hari, saat kita harus berucap : “Ohhh….Andaikan aku tidak menyia2kan kesempatan itu dulu…?”
Maka bijaksanalah pada hidup, hargai setiap detil kesempatan dalam hidup kita.
Di saat sulit, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan; di saat sedih, selalu ada kesempatan untuk meraih kembalikebahagiaan; di saat jatuh selalu ada kesempatan untuk bangkit kembali; dan dalam kesempatan untuk meraih kembali yang terbaik untuk hidup kita.

Bila kita setia pada perkara yang kecil maka kita akan mendapat perkara yang besar.
Bila kita menghargai kesempatan yang kecil, makaia akan menjadi sebuah kesempatan yang besar.

Filosofi Angsa

Sebuah renungan bagi kita semua:
Kalau anda tinggal di negara empat musim, maka pada musim gugur akan terlihat rombongan angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin.
Angsa-angsa tersebut terbang dengan formasi berbentuk huruf “V”.
Kita akan melihat beberapa fakta ilmiah tentang mengapa rombongan angsa tersebut terbang dengan formasi “V”.

Fakta 1:
Saat setiap burung mengepakkan sayapnya, hal itu memberikan “dayadukung” bagi burung yang terbang tepat di belakangnya.
Ini terjadi karena burung yang terbang di belakang tidak perlu bersusah-payah untuk menembus ‘dinding udara’ di depannya.
Dengan terbang dalam formasi “V”, seluruh kawanan dapat menempuh jarak terbang 71% lebihjauh daripada kalau setiap burung terbang sendirian.

Pelajaran 1:
Orang-orang yang bergerak dalam arah dan tujuan yang sama serta saling membagi dalam komunitas mereka dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan lebih mudah.
Ini terjadi karena mereka menjalaninya dengan saling mendorong dan mendukung satu dengan yang lain.

Fakta 2:
Kalau seekor angsa terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian.
Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan burung di depannya.

Pelajaran 2:
Kalau kita memiliki cukup logika umum seperti seekor angsa, kita akan tinggal dalam formasi dengan mereka yang berjalan di depan.
Kita akan mau menerima bantuan dan memberikan bantuan kepada yang lainnya.
Lebih sulit untuk melakukan sesuatu seorang diri daripada melakukannya bersama-sama.

Fakta 3:
Ketika angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi lelah, ia terbang memutar ke belakang formasi, dan angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.

Pelajaran 3:
Adalah masuk akal untuk melakukan tugas-tugas yang sulit dan penuh tuntutan secara bergantian dan memimpin secara bersama.
Seperti halnyaangsa,manusia saling bergantung satu dengan lainnya dalam hal kemampuan, kapasitas dan memiliki keunikan dalam karunia, talenta atausumber daya lainnya.

Fakta 4:
Angsa-angsa yang terbang dalam formasi ini mengeluarkan suara riuh rendah dari belakang untuk memberikan semangat kepada angsa yangterbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga.

Pelajaran 4:
Kita harus memastikan bahwa suara kita akan memberikan kekuatan.
Dalamkelompok yang saling menguatkan, hasil yang dicapai menjadi lebih besar.
Kekuatan yang mendukung (berdiri dalam satu hati ataunilai-nilai utama dan saling menguatkan) adalah kualitas suara yangkita cari.
Kita harus memastikan bahwa suara kita akan menguatkan dan bukan melemahkan.

Fakta 5:
Ketika seekor angsa menjadi sakit, terluka, atau ditembak jatuh, dua angsa lain akan ikut keluar dari formasi bersama angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi.
Mereka tinggal dengan angsa yang jatuh itu sampai ia mati atau dapat terbang lagi.
Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain untuk mengejar rombongan mereka.

Pelajaran 5:
Kalau kita punya perasaan, setidaknya seperti seekor angsa, kita akan tinggal bersama sahabat dan sesama kita dalam saat-saat sulit mereka,sama seperti ketika segalanya baik.

Cinta Itu Tak Terlihat

Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur ?,
ketika kita menangis ?,
ketika kita membayangkan ?.
Itu karena hal terindah di dunia ini TIDAK TERLIHAT…

Ketika kita menemukan seseorang yang keunikannya
SEJALAN dengan kita…kita bergabung dengannya dan jatuh ke dalam suatu keanehan serupa yang dinamakan CINTA.
Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan.
Orang-orang yang tidak ingin kitatinggalkan…
Tapi ingatlah…melepaskan BUKAN akhir dari dunia, melainkan awal suatu kehidupan baru. Kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis, mereka yang tersakiti,mereka yang telah mencari…dan mereka yang telah mencoba.
Karena MEREKALAH yang bisa menghargai betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka…

CINTA yang AGUNG ?,
adalah ketika kamu menitikkan air mata dan MASIH peduli terhadapnya…,
adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu MASIH menunggunya dengan setia,
adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu MASIH bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku turut berbahagiauntukmu’.

Apabila cinta tidak berhasil…BEBASKAN dirimu…biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas LAGI.
Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya…
tapi ketika cinta itu mati, kamu TIDAK perlu mati bersamanya…
Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu menang,
MELAINKAN mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.

Entah bagaimana dalam perjalanan kehidupan, kamubelajar tentang dirimu sendiri dan menyadari bahwa penyesalan tidak seharusnya ada.
HANYALAH penghargaan abadi atas pilihan-pilihanan kehidupan yang telah kau buat.

TEMAN SEJATI…
mengerti ketika kamu berkata ‘akulupa..’, menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘tunggu sebentar’.
Tetap tinggal ketika kamu berkata ‘tinggalkan aku sendiri’.
Membuka pintu meski kamu BELUM mengetuk dan berkata ‘bolehkah saya masuk ?’.

MENCINTAI…
BUKANlah bagaimana kamu melupakan, melainkan bagaimana kamu MEMAAFKAN…
BUKANlah bagaimana kamu mendengarkan, melainkan bagaimana kamu MENGERTI…
BUKANlah apa yang kamu lihat, melainkan apa yang kamu RASAKAN…
BUKANlah bagaimana kamu melepaskan, melainkan bagaimana kamu BERTAHAN…

Lebih berbahaya mencucurkan air mata dalam hati, dibandingkan menangis tersedu-sedu.
Air matayang keluar dapat dihapus, sementara air mata yang tersembunyi menggoreskan luka yang tidak akan pernah hilang…

Dalam urusan cinta, kita SANGAT JARANG menang..
Tapi ketika CINTA itu TULUS,meskipun kalah, kamu TETAP MENANG hanya karena kamu berbahagia…dapat mencintaiseseorang…LEBIH dari kamu mencintai dirimu sendiri…
Akan tiba saatnya dimana kamu harus berhenti mencintai seseorang BUKAN karena orang itu berhenti mencintai kita,
MELAINKAN karena kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.
Apabila kamu benar-benar mencintai seseorang, jangan lepaskan dia, jangan percaya bahwa melepaskan SELALU berarti kamu benar-benar mencintai.
MELAINKAN…BERJUANGLAH demi cintamu.
Itulah CINTASEJATI.
Lebih baik menunggu orang yang kamu inginkan DARIPADA berjalan bersama orang ‘yang tersedia’.

Kadang kala, orang yang kamu cintai adalah orang yang PALING menyakiti hatimu dan kadang kala, teman yang menangis bersamamu adalah cinta yang tidak kamu sadari

Sibuk = Kematian Hati

Pernahkah kita mencoba menelaah tentang apa yang penting dalam hidup kita?
Secara tidak sadar, pemikiran ini jarang kita perhatikan karena kesibukan kita sehari-hari yang selalu menumpuk dan mendesak.
Mari kita mencoba berpikir lebih jernih tentang apa saja yang membuat hidup kita lebih berhasil.
Memang kesibukan adalah hal yang penting, tetapi justru karena jadwal padat dan kesibukan itu kita menjadi sering lupa bahwa ada hal lebih penting yang perlu kita rencanakan dan dipikirkan lebih dalam.

Dalam huruf Cina, kata sibuk merupakan penggabungan dari dua unsur yaitu hati dan kematian.
Jadi dalam bahasa Cina, kesibukan berarti kematian hati.
Pengertian ini sedikit melenceng dalam proses penggabungannya, tetapi kita juga bisa melihat sedikit kebenaran di dalamnya jika kita menelaah pengertian ini lebih jauh.

Orang yang terlalu sibuk akan kehilangan mata hatinya dan lupa dengan tujuan hidupnya.
Dia juga akan lupa tentang apa yang telah menjadi prioritas dalam hidupnya.

Kita semua pasti mempunyai kepentingan-kepentingan dalam hidup yang sering terlupakan karena kesibukan sehari-hari yang luar biasa.
Menyelesaikan pekerjaan di kantor yang tidak ada habisnya atau hal lain yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari.
Kesibukan itu akan menyita hampir semua dari waktu kita dan pada akhirnya kita pun bisa kehilangan arah.

Apa sebenarnya yang penting dalam hidup kita?
Apa yang kita inginkan dalam lima tahun mendatang?
Apa yang ingin kita rencanakan untuk putra-putri kita?
Apa yang ingin kita capai dalam perusahaan?
Ambillah waktu secukupnya mungkin selama satu atau dua hari untuk menenangkan diri kita tanpa gangguan dari kesibukan dan rutinitas yang selalu anda lakukan tiap hari.
Cobalah untuk berpikir dengan lebih jernih dalam ketenangan itu.
Temukan dan pikirkan dengan jernih tentang hal-hal apa saja yang kita anggap penting di dalam kehidupan ini.

Kata sibuk dalam bahasa China yang berarti kematian hati bisa menjadi panduan bagi kita agar tidak terlalu terperangkap dalam kesibukan.
Kita harus bisa berpikir dengan jernih dan memandang tujuan hidup dengan lebih baik.

Pilih Kaya atau Bahagia

Ini pertanyaan yang sedari awalnya sudah keliru.
Ibarat bertanya : pilih makan atau minum?
Kenapa harus memilih salah satu?
Kenapa tidak pilih keduanya?
Makan bisa dilakukan tanpa minum.
Minum bisa dilakukan tanpa makan.
Keduanya independen.

Namun, kalau makan dilanjutkan dengan minum maka akan muncul sinergi yang luar biasa. Bagaimana kalau minum dilanjutkan dengan makan? Bisa juga sih, tapi kurang nikmat.
Bila analogi tersebut dapat dipahami, maka makan lebih tepat merupakan analogi bahagia, dan minum adalah analogi kaya.

Kita bisa bahagia tapi tidak kaya. Bisa juga kaya tapi tidak bahagia.
Yang paling nikmat adalah bahagia dan (juga) kaya. Bisa juga kaya dan (juga) bahagia.

Analogi di atas tentu tidak sungguh-sungguh akurat.
Karena bahagia dan kaya bisa terjadi bersamaan, tidak harus berurutan.
Yang dimaksud dengan analogi tersebut adalah bahwa kaya dan bahagia memenuhi dua hal yang berbeda.
Ibarat minum adalah untuk menghilangkan haus, maka esensi kaya adalah ‘menghilangkan ketergantungan pada sesuatu’.


Kaya hati artinya tidak mudah iri.
Kaya ilmu artinya tidak bodoh.
Kaya harta artinya tidak tergantung sempitnya uang.
Kaya berarti merdeka.
Karena itulah zuhud (berlepas dari cinta kepada dunia) berarti juga kaya.

Sementara itu ibarat makan adalah untuk mengisi perut menghilangkan lapar, maka esensi bahagia adalah ‘mengisi diri menghilangkan kehampaan’.
Orang yang tidak bahagia itu serba hampa, jiwanya hampa, ilmunya hampa, kekayaannya hampa.
Hampa artinya tidak punya isi, kosong, tidak bernilai.
Jadi menjadi bahagia adalah membuat diri ini berisi, hidup ini bernilai.

Lebih jauh lagi bila makan dan minum bertujuan untuk kesehatan tubuh, maka bahagia dan kaya juga untuk menyempurnakan tugas manusia yaitu menjalankan tugas dari Tuhan (ibadah).
Kembali lagi pada pertanyaan, pilih kaya atau bahagia?


Pertanyaan yang salah.
Bahagia dan kaya bukan pilihan ambil satu.
Justru keduanya wajib untuk didapatkan.

Bagaimana kalau kita makan terus tapi tidak minum?
Bagaimana kalau minum terus tapi tidak makan?

Allah Menjawab Doa Dengan Caranya

Masalah terbesar dari doa adalah bagaimana membiarkannya mengalir dan mengizinkan Allah menjawab dengan cara-NYA.

Pada suatu hari, seorang wanita sedang mengajar keponakannya.
Dia biasanya menyimak apa yang diajarkan bibinya, tetapi kali ini dia tidak bisa berkonsentrasi.
Ternyata salah satu kelerengnya hilang.
Tiba-tiba anak itu berkata:”Bi, bolehkan aku berlutut dan meminta Allah untuk menemukan kelerengku?”
Ketika bibinya mengizinkan, anak itu berlutut di kursinya, menutup matanya dan berdoa dengan sungguh-sungguh.
Kemudian dia bangkit dan melanjutkan pelajaran.

Keesokan harinya, bibinya yang takut doa keponakannya tidak terjawab dan dengan demikian melemahkan imannya, dengan khawatir bertanya:”Sayang apakah engkau sudah menemukan kelerengmu?”
“Tidak Bi”, jawab anak itu, “tetapi Allah telah membuatku tidak menginginkan kelereng itu lagi.”

Alangkah indahnya iman anak itu.
Allah memang tidak selalu menjawab doa kita menurut kehendak kita, tetapi jika kita tulus berdoa, Dia akan mengambil keinginan kita yang bertentangan dengan kehendakNya.

Pengaruh Musik Pada Anak

Penelitian membuktikan bahwa musik, terutama musik klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien).
Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik.
Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada “miring”.
Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia.
Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony.
Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh.

Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock.
Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak.
Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol.
Kita ingat dengan “head banger”, suatu gerakan memutar-mutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah.

Jika hati kita sedang susah, cobalah mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur.
Perasaan kita akan lebih enak dan enteng.
Bahkan di luar negeri, pihak rumah sakit banyak memperdengarkan lagu-lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya.
Itu suatu bukti, bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia.

Sedangkan harmony sangat mempengaruhi roh.
Jika kita menonton film horor, selalu terdengar harmony (melodi) yang menyayat hati, yang membuat bulu kuduk kita berdiri.
Di dalam meditasi, manusia mendengar harmony dari suara-suara alam disekelilingnya.

Jadi musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah musik yang seimbang antara beat, ritme, dan harmony.

Salah seorang ahli biofisika bahkan telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik bagi kehidupan makhluk hidup.
Dua tanaman dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyajikan lagu-lagu slow rock dan heavy rock, sedangkan tanaman yang lain diletakkan dekat dengan speaker yang memperdengarkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok.
Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan berbunga.
Suatu bukti nyata bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup.

Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah.
Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah.
Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia.

Jikalau kita merasakan hari ini begitu berat, cobalah periksa lagi hidup kita pada hari ini.
Jangan-jangan kita belum mendengarkan musik dan bernyanyi

Memuji

Memuji orang adalah perbuatan kecil yang mengandung banyak makna.
Mereka yang hebat dan luar biasa suksesnya, biasanya pinter sekali memuji orang.
Seperti yang sering dilakukan para pembicara, politikus, businessman, pengusaha, ataupun mereka yang ada di organisasi.
Kita melihat sebuah trend yang sama pada mereka, yakni pandai memuji orang lain.

Ada sebuah cerita yang menarik.
Kalo kita ketemu ama Ronald Reagan, kita akan ngeliat dia orang yang sangat dinamis & kita akan termotivasi olehnya.
Kalo kita ketemu ama Presiden Amerika yang laen, maka akan merasa banyak belajar dari presiden yang kita temui.
Tetapi kalo kita ketemu dengan Clinton, konon katanya kita akan merasa kitalah orang yang paling pintar di dunia, bahkan lebih pintar dari dia.

Hal ini tentu aja sangat menarik.
Clinton digambarkan sebagai orang yang mampu berkomunikasi dengan sangat baik, hingga membuat orang merasa seolah – olah lebih pintar dari dia.
Dan karena itulah ia menjadi salah seirang Presiden Amerika yang cukup populer.

Dengan memuji, kita bisa membuat orang lebih senang, bangga hati atau pun lebih bekerja keras untuk kita, karena kita telah menunjukkan betapa menghargai dia.
Memuji adalah sebuah seni yang perlu kita pelajari, tetapi sering dilupakan dan tidak pernah diajarkan di sekolah.
Maka kita belajar secara natural. Kalau udah terbiasa dengan environment yang baik seperti di hotel atau di mana saja, maka akan mempunyai kebisaaan itu.
Sedangkan bagi mereka yang hidup dalam bisnis yang lain, mungkin tidak pernah memperhatikan hal itu.

Padahal ini adalah hal yang sederhana, mudah dilakukan, dan memberikan hasil berlimpah bagi anda!
Cobalah melihat orang yang sukses.
Mereka semua memliki kebiasaan memuji yang baik.
Mereka selalu bilang, “Wah pekerjaan Anda bagus, ya! Terimakasih”.
Mereka selalu bisa membuat orang lain bersemangat lebih dalam mengerjakan pekerjaannya.

Memuji mempunyai dua element penting yang harus diperhatikan.
Element pertama adalah memuji yang benar.
Jadi tidak mengarang dan mengada-ada.
Kedua, memuji dengan tulus.
Jadi ada ketulusan dalam pujian pada orang yang anda puji.

Kita harus bisa belajar memuji seseorang.
Karena setiap orang selalu mempunyai kelebihan.
Bila dia kurang pandai berpikir secara logis, mungkin dia pandai bicara, bersahabat, menggambar atau mungkin pnya kelebihan laen.
Ada saja kelebihan seseorang itu dibandingkan dengan orang lain.
Kita akan selalu bisa melihat kalau kita memperhatikan dengan baik.
Kita juga harus memuji dari hal yang benar, tidak sekedar bergurau atau sisnistis.
Kalau kita bisa memuji dengan baik dan benar, maka semua orang akan senang bersahabat dengan kita.

Dari situ kita akan memiliki networking dan teman yang lebih banyak.
Kita sering melihat orang yang tidak bisa memuji orang lain.
Pegawai sudah bekerja keras tetapi tetapi kita tetap tidak mau memujinya.
Padahal memuji itu adalah sesuatu yang murah, mudah dan berguna bagi karier kita sendiri.

Mulai dari sekarang kita dapat mencoba mempelajari, bagaimana cara memuji yang baik.
Element apa yang telah dilakukan dengan benar pada saat dia memuji orang.
Perhatikan kata tulus dari dalam hati kita sendiri, dan juga kebenarannya.
Bahwa orang itu memang benar dan layak untuk dipuji.